HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) 

24/01/2023

Assalamualaikum

hii semuanyaa.... πŸ‘‹πŸ‘‹tidak terasa sekarang sudah 2023 saja nii

apa kabar kalian ??  semoga sehat dan bahagia selalu ya....πŸ’“πŸ’“


OKEYY kali ini aku dapat tugas untuk membahas tentang HKI atau Hak Kekayaan Intelektual nii

jadi langsung kita bahas saja yukkk....

1.  Apa sih yang dimaksud dari HKI?

Jadi HKI merupakan singkatan dari Hak Kekayaan intelektual yang dimana dapat didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI sendiri.

2. Apa yang dimaksud dengan Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri ?

  • Hak cipta atau copyright adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra dan seni. contoh karyanya seperti : buku, musik, drama, lukisan, arsitektur, dan lain sebagainya
  • Hak Kekayaan Industri atau industrial property rights adalah hak yang mengatur segala sesuatu milik perindustrian, terutama yang mengatur perlindungan hukum. hak kekayaan industri mencakup :  hak paten, desain industri, dan merek.

3. lisensi dan jenisnya !?

jadi lisensi merupakan pemberian izin untuk melakukan proses produksi, baik itu dalam bentuk produk barang maupun dalam bentuk jasa.
jenis - jenis lisensi : 
  • Lisensi HKI (Hak Kekayaan Intelektual) : Salah satu contoh lisensi hak atas kekayaan intelektual adalah lisensi pada software komputer. Pemberi lisensi akan memberikan hak kepada pengguna untuk menggunakan softwarenya.
  • Lisensi Massal : Lisensi massal biasanya terdapat pada lisensi software komputer, yang mana lisensi diberikan pemilik lisensi kepada perseorangan untuk menggunakan software komputer tersebut.
  • Lisensi Merk Barang dan Jasa : Pemilik lisensi dapat memberikan lisensinya kepada perseorangan atau perusahaan agar barang atau jasa yang dimiliki oleh pemilik lisensi dapat didistribusikan atau dijual oleh penerima lisensi.
  • Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter : Pemilik lisensi memberikan izin kepada perusahaan atau perseorangan atas penyalinan dan pendistribusian hak cipta yang mengandung material seni dan karakter.
  • Lisensi Bidang Pendidikan : Gelar akademis merupakan sebuah lisensi dalam bidang pendidikan. Suatu perguruan tinggi atau universitas memberikan izin kepada individu untuk menggunakan gelar akademis setelah menimba ilmu dalam kurun waktu tertentu.

4.  5 model bisnis teknik informatika yang paling menonjol dalam pemanfaatan HKI beserta contohnya!!

  • Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
  • Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)
  • Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
  • Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
  • Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)

5.  5 ide peluang bisnis bidang IT yang saat ini dianggap paling menguntungkan,

jelaskan !!

  • Bisnis Teknologi Web DevelopmentSebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan, dan kemudahan dalam komunikasi. Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, peluang untuk membuat usaha web developer saat ini sangat tepat, banyak orang yang membutuhkan mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat.
  • Bisnis Jasa Desain Grafis : Jasa desain grafis juga memiliki peluang yang besar. Karena tidak semua orang bisa melakukan desain walaupun sudah mempunyai aplikasinya. Selain itu Harga jual untuk sebuah desain juga cukup besar tergantung skill dari desainernya.
  • Jasa Penulis Artikel : Pekerjaan menulis ini merupakan salah satu dari ide peluang bisnis teknologi di bidang IT paling mudah dilakukan. Apalagi jika kamu memahami masalah SEO, maka nilai artikel Anda akan dihargai lebih.
  • Bisnis Teknologi Startup Produk ITStartup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis bisnis dalam bidang teknologi atau digital. Contoh bisnis teknologi produk IT seperti Facebook dulunya hanyalah sebuah startup kecil, kini sudah menjelma menjadi salah satu raksasa di dunia dan digunakan oleh banyak orang.
  • Bisnis SEO Konsultan : SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikan website kamu berada di halaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website kamu. Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha atau bisnis teknologi di bidang SEO ini. Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong mahal, terutama pada website yang memiliki persaingan berat.

Okee deh sekian pembahasan tentang HKI dan sejenisnya....

Sampai ketemu lagii πŸ‘‹πŸ‘‹

Wassalamualaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi antar aplikasi office : MAIL MERGE

Integrasi antar aplikasi office