Integrasi antar aplikasi office

 INFORMATIKA                                                                                                                                                                                                   integrasi antar aplikasi office

................❕ selamat membaca ❕.................

Apa itu integrasi??                                                                                                               






TUJUAN 

Memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi inpot bagi sistem lainnya.


DEFINISI INTEGRASI                                                                                                                                                       

 Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu sistem atau lebih sistem yang lain.

Integrasi dibagi menjadi 2, yaitu :    

1. Integrasi data                                                                                                                                                          2. Integrasi sistem (integrated system)

Integrasi data ┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄ 

Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.

Integrasi sistem ┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄

Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi atau software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.


MANFAAT INTEGRASI               

  1. Satu sumber utama   

sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada dalam satu sistem dan selalu diperbarui            tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakukan pembaruan.

2. Database tertata rapi 

dengan database yang tertata rapi dapat menghemat waktu dan menekan biaya oprasional. selain itu database yang rapi akan membuat suatu perusahaan lebih unggul dari perusahaan lainnya, karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapat data/informasi yang  dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan lain.

3. User interface yang lebih konsisten  

dengan menggunakan single platfrom yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka        kita dapat memastikan kalau setiap komputer yang terhubung memiliki interface yang sama.


CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI

1. Pemanggilan prosedur/function  :  Aplikasi yang melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain

2. Messaging  : Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.

3. Sharing database  : Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data.

4. File transfer  : Adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.


INTEGRASI PADA APLIKASI MS. OFFICE                

a) Ms. Word : Aplikasi pengolahan data.

b) Ms. excel  : Pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik.

c) Ms. PowerPoint : Berfungsi sebagai media presentasi.







CONTOH INTEGRASI PADA APLIKASI MS. OFFICE

1. Membuat table of content pada Ms. Word

2. Linkig dan Embed pada aplikasi Ms. Office

3. Membuat surat massal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Exel atau Ms. Acces.

4.Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office


         THANK YOUU...



       






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi antar aplikasi office : MAIL MERGE

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL